Skandal Gorengan Saham Makin Heboh , Ini Profil Tambang Adani Di RI

PT Adani Global merupakan anak usaha Adani Enterprise yang fokus di bidang tambang, logistik dan perdagangan batu bara. Situs resmi perusahaan menyebut bahwa Adani memperoleh izin usaha pertambangan (IUP) produksi pada tahun 2007.

Proyek di Indonesia ini merupakan proyek luar negeri pertama Grup Adani dalam penambangan dan operasi batu bara.

Perusahaan menyebut keputusan menambang di Indonesia sejalan dengan tekad jangka panjang Adani untuk mengatasi permasalahan permintaan tinggi batu bara di India yang kekurangan energi.

Penambangan batu bara Adani dilakukan lewat PT Lamindo Inter Multikon di pulau kecil yang terletak di Kalimantan Utara yang bernama Pulau Bunyu. Data Modi dan Geoportal Minerba menyebut bahwa Lamindo memiliki IUP aktif hingga 2037 atas lahan seluas 2.414 hektar atau mencapai 12% dari total besar pulau Bunyu.

Sementara itu mengutip MODI.esdm.go.id, Lamindo Inter Multikon merupakan IUP yang memiliki luas lahan 2.414 Ha. Pemegang saham perusahaan ini adalah PT Niaga Antar Bangsa dengan presentase saham 75% dan PT Niaga Lintas Samudra dengan presentase 25%. “Yang saya tahu memang Gautam Adani ini pengusaha batu bara tak hanya di India, bahkan ada di Australia dan Indonesia di Kaltim,” terang sumber dalam lingkup sektor mineral dan batu bara (minerba) kepada rekan media, dikutip Kamis (9/1/2023).

Komentar