Skandal Gorengan Saham Makin Heboh , Ini Profil Tambang Adani Di RI

JurnalPatroliNews – Kaltim – Dunia dikejutkan aksi perusahaan Adani Group milik konglomerat dunia Gautam Adani yang terseret skandal pasar keuangan dunia. Dalam laporan Hindenburg Research, Adani Group dikabarkan melakukan manipulasi saham serta melakukan aksi penipuan melalui akuntansi selama beberapa dekade.

Aksi goreng-gorengan saham mendapatkan respons dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Di mana Jokowi tak ingin kasus tersebut tidak terulang, utamanya di Indonesia.

Jokowi pun memberikan titah kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengawasi industri keuangan jauh lebih intensif mulai dari makro hingga mikro. “Harus detil dicek satu per satu. Ada peristiwa minggu lalu yang besar, Adani di india. Makronya negara maju, mikronya ada masalah kehilangan US$ 120 miliar, dirupiahkan Rp 1.800 triliun hati-hati mengenai ini pengawasan,” tegas Jokowi beberapa waktu lalu.

Lalu benarkah Adani Group memiliki tambang batu bara di Indonesia?

Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan dalam Disway.id, menyebutkan bahwa sama seperti Low Tuck Kwong yang tiba-tiba menjadi orang terkaya di Indonesia berkat batu bara, melonjaknya kekayaan Adani berkat batu bara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Harga batu bara dalam dua tahun terakhir, kata Dahlan Iskan, membuat banyak orang mendadak kaya. Maka mungkin saja tuduhan Hindenburg atas lonjakan kekayaan Gautam Adani menjadi salah. “Tapi Hindenburg sudah menantang: tuntutlah kami kalau kami salah,” terang Dahlan

Dalam penelusuran rekan media, mengutip adanienterprises.com, salah satu perusahaan yang menjadi tulang punggung utama impor batu bara Adani adalah anak usaha perusahaan yang memiliki tambang batu bara di Indonesia.

Komentar