Sudah 111 Nyawa Melayang di Bitung Gegara Covid-19

JurnalPatroliNews – Bitung, – Angka kematian akibat covid-19 di Kota Bitung kian memprihatinkan.

Mengacu ke data Dinas Kesehatan Pemkot Bitung per tanggal 03 Februari 2021, angka kasus kematian akibat covid-19 berjumlah 111 kasus.

Angka itu sendiri terdiri dari, kasus suspek covid-19 meninggal tercatat ada 80 orang dan kasus positif covid-19 meninggal dunia ada 31 orang.

Angka kematian itu juga diiringi dengan terus bertambahnya pasien positif yang kini berjumlah 1.125 orang sedangkan angka kesembuhan hanya berjumlah 916 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Bitung, dr Jeaneste Watuna sendiri tak menampik jika angka kematian dan pasien positif terus mengalami penambahan kasus setiap hari.

“Memang saat ini terjadi ledakan kasus dan itu hampir merata di semua daerah termasuk Kota Bitung,” kata Jeaneste, Kamis (04/02/2021).

Jeaneste menjelaskan, kasus covid-19 saat ini tidak bisa lagi diklasifikasikan karena kluster atau acara tertentu.

“Tapi kita semua sudah harus waspada karena penyebarannya sudah merata di semua tempat. Tidak bisa lagi disimpulkan akibat acara ini dan itu hingga menimbulkan kluster, karena semua sudah merata penyebarannya,” katanya.

Jalan keluarnya kata dia, semua orang harus lebih waspada dan jangan lengah dengan protokol kesehatan.

“Apabila merasa kurang sehat langsung berobat, jangan takut ke pelayanan kesehatan agar penyakit yang ringan langsung dapat ditangani. Jangan didiamkan di rumah dan menjadi makin parah sehingga tidak ada lagi daya tahan tubuh untuk menangkal paparan virus corona,” jelasnya.

Adapun data kasus covid-19 Kota Bitung per tanggal 03 Februari 2021 adalah;

Pelaku perjalanan dari luar daerah/luar negeri ada 17.117 orang
Pasien terkonfirmasi positif (+8) 1.125 orang
Pasien positif dirawat ada 178 orang
Pasien sembuh ada 916 orang
Pasien suspek meninggal dunia ada (+5) 80 orang
Pasien positif covid-19 ada 31 orang.

(abinenobm)

Komentar