DaerahPuspen TNI

Sukseskan Pembinaan Menjadi Prajurit TNI, Kodim Yawa Periksa Kesehatan Pemuda-Pemudi

Avatar
×

Sukseskan Pembinaan Menjadi Prajurit TNI, Kodim Yawa Periksa Kesehatan Pemuda-Pemudi

Sebarkan artikel ini
Jurnalpatrolinews – Yapen, Papua : Kodim 1709/Yawa kembali merekrut pemuda-pemudi Yapen dan Waropen untuk menjadi Prajurit TNI AD dengan melaksanakan pemeriksaan kesehatan sebelum menjalani pembinaan di Makodim 1709/Yawa, Kamis (22/04/2021).
Serma Saidi selaku Kapolkes 17.09.05 Serui Kodim 1709/Yawa mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan yang dijalani oleh para pemuda-pemudi meliputi, pemeriksaan tato, tindik dan telinga, hidung, amandel, mata (rabun dan buta warna), hemoroid, varices, varikokel, hernia dan gigi.
“Pemuda Pemudi yang mengikuti pemeriksaan awal ini, terdiri dari 180 orang pria dan 30 orang wanita,” kata Serma Saidi.
Saat ditemui di ruang kerjanya Komandan Kodim 1709/Yawa Letkol Inf Leon Pangaribuan, S.H. menjelaskan bahwa pemeriksaaan kesehatan awal ini sangat berguna bagi para pemuda-pemudi sebelum mengikuti pembinaan. “Selanjutnya dalam mengikuti seleksi Calon Bintara PK TA 2021 yang nantinya akan dilakukan di bulan Agustus 2021,” ujarnya.
“Setelah mereka menjalani pemeriksaan kesehatan, kita akan mengetahui apa saja kekurangan mereka dan akan dijelaskan juga kepada orang tua mereka masing-masing, sehingga nantinya mereka akan diarahkan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan sampai dengan pengobatan di RSUD Serui, untuk memperbaiki kekurangannya masing-masing,” ungkap Letkol Inf Leon Pangaribuan.
Lebih lanjut Dandim Yawa menyebutkan pemeriksaan kesehatan sangat penting sebelum menerima pembinaan fisik yang nantinya akan diberikan oleh personel jasmani Kodim 1709/Yawa selama kurun waktu 3 bulan.
“Selain pembinaan fisik, akan mendapatkan pelatihan akademik dan psikologi, serta pembinaan mental ideologi, sehingga nantinya akan benar-benar siap dan mampu bersaing dengan daerah lain dan mendapat ranking terbaik dalam mengikuti seleksi,” katanya.
“Dengan adanya pembinaan yang diberikan oleh Kodim 1709/Yawa ini, tentunya kita berharap dan berdoa, agar pemuda-pemudi Yapen dan Waropen ini dapat lolos dan lulus dalam mengikuti seleksi Calon Bintara nantinya, sehingga mereka dapat mengejar dan mewujudkan cita-citanya untuk menjadi Prajurit TNI-AD dan turut membanggakan sanak saudara dan orangtuanya masing-masing,” tambah Dandim.  (***/. dd)