Tiba Di Banjarmasin, Agus: Ini Provinsi Ke 15 Dari 34 Provinsi Jelajah JKW

JurnalPatroliNews – Banjarmasin,- Setelah lebih dari seminggu mengaspal di Kalimantan, para bikers Tim Jelajah Kebangsaan-Persatuan Wartawan Indonesia (JKW-PWI) tiba di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (21/12/2021).

Agus Blues Asianto, Indrawan Ibonk, Sonny Wibisono dan Yanni Krishnayanni yang juga satu-satunya perempuan dalam eksepedisi bersejarah ini, tiba di Kota Seribu Sungai setelah menjelajahi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Agus menyebut Kalimantan Selatan sebagai provinsi ke-15 yang mereka kunjungi, sejak mereka dilepas oleh Ketua Umum PWI, Atal Depari, dari Gedung Dewan Pers Jakarta, tepat di Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021.

Tim JKW-PWI sendiri direncanakan menjelajahi 15 pulau, 34 Provinsi, dan mendaki tujuh gunung tertinggi di Indonesia, dengan perkiraan total perjalanan 17.000 kilometer. Perjalanan mereka dijadwalkan berakhir di Kota Kendari, tepat pada puncak Hari Pers Nasional 9 Februari 2022.

Kepada rekan-rekan wartawan yang mewawancarainya, Agus menjelaskan bahwa sebagian besar kendala yang mereka hadapi sepanjang ribuan kilometer pertama ini adalah faktor cuaca. Setelah itu kondisi jalan dan beberapa masalah teknis.

Kendala cuaca yang paling berat dialami tim ketika mereka tertahan lebih dari seminggu di Kepulauan Riau, sebelum akhirnya berhasil menyeberang dan tiba di Sintete, Kalimantan Barat, pada 12 Desember 2021.

Sementara itu, Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie, menyambut baik kedatangan tim tim JKW-PWI di Bumi Lambung Mangkurat.

Zainal mengungkapkan kekaguman dan apresiasi atas perjuangan Agus, Ibonk, Sonny dan Yanni menjelajah Indonesia dengan sepeda motor.

Menurutnya, kehadiran empat bikers JKW-PWI ini merupakan momentum baik bagi Kalsel untuk memperkenalkan keunggulan pariwisata dan budayanya ke seluruh Indonesia.

“Hasil eksplorasi mereka nantinya akan dipublikasikan dan disebarluaskan kepada wartawan di seluruh Indonesia yang tergabung dalam PWI,” ujarnya.

Selama di Banjarmasin, tim akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata favorit di antaranya Pasar Terapung Lok Baintan, Masjid Sultan Suriansyah, dan Pulau Kembang.

Penjelajahan bersejarah empat jurnalis ini mengampanyekan gerakan cinta Tanah Air melalui komunikasi dengan setiap anggota masyarakat yang ditemui selama perjalanan.

Dari sisi kepariwisataan, JKW-PWI bisa membantu pemerintah dalam membangun kembali dunia pariwisata nasional yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Selain didukung Ban Kingland, Ekspedisi JKW-PWI didukung oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga juga Artha Graha Peduli-Artha Graha Network

Komentar