Tiga Pasar di Desa Pakraman Buleleng Disiplin Terapkan 3M

JurnalPatroliNews – Buleleng : Upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah daerah Kabupaten Buleleng melalui penerapan 3M tak pernah terhenti sebagai langkah pencegahan merebaknya Pandemi virus Corona atau Covid-19.

Terlebih dalam memasuki tatanan kehidupan baru sehari-hari disebut-sebut wilayah perkotaan Singaraja terbanyak warga yang terkena wabah Covid-19.

Oleh karena itu, pemerintah daerah Kabupaten Buleleng yang berlokasi di Jalan Pahlawan No.1 ini maupun Desa Adat Pakraman Buleleng memberikan perhatian penuh terhadap keberadaan tiga pasar dalam penerapan 3M.

Sebab, baik Pasar Antar, Pasar Buleleng dan pasar di wilayah Kelurahan Banyuasri merupakan sasaran perbelanjaan masyarakat.

Karena itu pula, dalam proses memberikan isyarat kedisiplinan 3M itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana memasangkan ”face shield” atau pelindung wajah kepada pengunjung salah satu pasar.

Upaya Pemerintahan Provinsi Bali maupun Pemerintahan Kabupaten Buleleng melalui Pergub maupun Perbup menjadi dasar pelaksanaan Operasi Tim Yustisi Gabungan, baik di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan di Buleleng.

Adanya tindakan Tim Yustisi hendaknya menjadi panutan seluruh elemen masyarakat di Gumi Den Bukit taat melaksanakan penerapan 3M.

Artinya, warga masyarakat hendaknya ketika keluar rumah taat 3M (Mencuci tangan sembari sabunan di air mengalir, Menjaga jarak di tengah kerumunan warga serta Masker dikenakan sebagai awal jika keluar rumah.

Bahkan, Bupati PAS sapaan Putu Agus Suradnyana pagi pagi setelah di tiga pasar yang ada di pusat kota Singaraja jadi sasaran masyarakat, langsung berada ditengah tengah masyarakat sembari memasangkan ”face shield” atau pelindung wajah kepada pengunjung pasar.

Selain masker, “face shield,” juga menjadi sarana yang dipakai untuk mencegah risiko tertular Covid-19.

Seperti diketahui, sebagai rutinitas keberadaan pasar di Buleleng tidak saja buka setiap pagi, siang tapi tidak jarang juga pada suasana malam.

Menurut keterangan yang dihimpun JurnalPatroliNews, tiga pasar yang ada di Singaraja menjadi sasaran Desa Adat Pakraman Buleleng dibawah kepemimpinan Kelian Adat, I Nyoman Sutrisna yang purnabakti sebagai PNS setelah sukses menjadi Kepala Dinas Pariwisata maupun sebelumnya sempat sukseskan program kerja Dinas Perikanan Kabupaten Buleleng. (TiR).-

Komentar