Wabup Sekadau Temui Bupati Sintang, Ini yang Dibahas

JurnalPatroliNews, Sekadau Kalbar,- Wakil Bupati Sekadau Subandrio menemui Bupati Sintang Jarot Winarno. Dalam pertemuan tersebut kedua pimpinan daerah tersebut membahas soal tapal batas antar Sekadau dan Sintang, tepatnya di desa Sunsong, Kecamatan Sekadau Hulu.

Dalam pertemuan tersebut keduanya sepakat agar penyelesaian tapal batas tersebut melalui sistem demografi. Artinya, sesuai dengan jumlah penduduk yang pro ke suatu wilayah.

“Dalam penyelesaiannya kita sudah tawarkan solusi dengan aspek demografi,karena sesuai hasil jajak pendapat, 79 persen warga di sana memilih bergabung ke Sekadau, dan bupati Sintang sepakat dengan cara seperti itu. Dengan begitu sudah jelas,kalau wilayah Sumsong pasti bergabung ke kabupaten Sekadau,”katanya Sabtu (8/5/2021) di kediamannya.

Menurut Wabup,kita harus cepat menyelesaikan kasus tapal batas ini, karena sejak tahun 1970 masalah tapal batas ini tak selesai-selesai. Sementara itu sesuai hasil rapat secara vicon dengan Kemendagri beberapa waktu lalu, mereka sudah memberikan tengang waktu bagi kedua kabupaten untuk menyelesaikan tapal batas tersebut, paling lama bulan Juli tanggal 21.

Tentang HGU perusahaan yang izin keluarkan oleh kabupaten Sintang.lanjut Wabup lagi, itu kita bahas secara teknik, oleh tim teknis, yang jelas kita harus selesaikan soal batas dulu,baru kemudian soal lain.

“Nanti tim teknis dari kedua kabupaten yang akan merumuskan soal teknis, misalnya soal HGU dan lain lain,” terang Wabup.

(**/ya)

Komentar