Wagub Bali Cok Ace Sembahyang di Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang

Kapolres Lumajang serta Dandim 0821/Lumajang Siapkan Keamanan

JurnalPatroliNews.co.id – Lumajang,- Wakil Gubernur Bali, Tjok. Oka Sukawati beserta dengan Ketua BKOW Bali, Ny. Tjok Putri Hariyani beserta Panitia Pelaksana Piodalan Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang melaksanakan kegiatan Matur Piuning serangkaian acara piodalan yang puncaknya akan digelar pada 3 juli 2023 mendatang di Pura Mandara Giri Semeru Agung Lumajang, Selasa (Anggara Pon Ukir), 6 Juni 2023.

Menurut Wagub Cok Ace kegiatan piodalan pura mandara giri agung lumajang yang jatuh pada purnama kasa tahun ini merupakan karya piodalan pertama yang dilaksanakan pasca pandemi Covid-19.

“Astungkara tahun ini semua upacara akan dilaksanakan seperti biasanya,” ungkap Cok Ace seperti dilansir Humas Pemprov Bali.

Ia juga menyampaikan bahwa piodalan tahun ini merupakan piodalan biasa setiap tahunnya namun tahun 2024 mendatang merupakan pelaksanaan panca wali krama yang dilaksanakan 10 tahun sekali.

“Kebetulan tahun 2024 adalah putaran 10 tahun sekali yaitu upacara manca wali krama yang akan menggunakan 13 ekor kerbau,” jelasnya.

Di sisi lain ketua panitia piodalan pura, Cok Gede Indrayana menyampaikan kesiapan pelaksanaan piodalan. “Kesiapannya sampun siap, dari pengayah sudah siap melaksanakan upacara,” kata Cok Gede.

Ia juga menjelaskan bahwa rangkaian pelaksanaan kegiatan piodalan pura mandara giri semeru agung lumajang telah dilaksanakan mulai sebulan sebelumnya dengan sebagian menggunakan tata cara adat istiadat seperti di Bali dan sebagian menggunakan adat istiadat tanah Jawa. “Jadi kita tidak akan bisa memisahkan adat istiadat tanah jawa tetap berlaku,” jelasnya.

Komentar