Wali Kota Bitung Sebut Gerakan Pramuka Juga Terdampak Pandemi COVID-19

JurnalPatroliNews – Bitung – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar menghadiri upacara Hari Pramuka ke-60 tahun 2021, Rabu (18/08/2021).

Upacara itu digelar di Lapangan Kantor Wali Kota Bitung dan Wali Kota bertugas sebagai inspektur upacara serta ikut dihadiri Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bitung Terpilih, Kakak Rita Mantiri Tangkudung.

Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan, walaupun dalam suasana bergembira dapat mengikuti peringatan Hari Pramuka dan sekaligus perayaan 60 Tahun Gerakan Pramuka pada saat ini, tetapi pandemi COVID-19 yang telah berlangsung sejak setahun lalu, membuat harus disiplin menahan diri, prihatin dan berusaha membantu menanggulangi pandemi.

“Kondisi pandemi COVID-19 yang masih terus mengkhawatirkan, telah membuat banyak orang terkena dampaknya. Begitu pula di lingkungan Gerakan Pramuka. Banyak kegiatan yang terpaksa terhenti, termasuk kegiatan latihan tatap muka di gugus depan Pramuka,” kata Maurits.

Namun, kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bitung ini, tak boleh menyerah dan berputus asa. Justru tantangan yang ada harus disikapi dengan semangat seorang Pramuka untuk pantang berputus asa dan tetap rela menolong serta tabah.

Segera setelah pandemi COVID-19, lanjut dia, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah membentuk satuan tugas untuk membantu menanggulangi COVID-19.

“Berbagai hal telah dilakukan, mulai pembagian alat pelindung diri, melaksanakan vaksinasi untuk anggota Gerakan Pramuka dan lainnya. Memasuki adaptasi kebiasaan baru, kami mengajak para pramuka untuk menjadi Perubahan Perilaku,” katanya.

Dirinya bersama Hengky juga berharap, Pramuka dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar hidup lebih sehat dalam menanggulangi pandemi COVID-19.

“Kami juga mengajak kakak-kakak dan adik-adik untuk terus berkegiatan kepramukaan, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Salurkan kreativitas kakak-kakak dan adik-adik dengan membuat kegiatan kepramukaan yang tak melanggar protokol kesehatan, namun tetap dapat diikuti dengan riang gembira,” katanya.

Hadir juga dalam Upacara Hari Pramuka ke-60 itu, Sekretaris Daerah Kota Bitung, Audy Pangemanan, Sekretaris I TP PKK Kota Bitung, Ny Ellen Honandar Sondakh serta pengurus Pramuka Kota Bitung.

(abinenobm)

Komentar