Warga Sunggal: Bobby Nasution Bapak Rakyat

JurnalPatroliNews – Wali Kota Medan Bobby Nasution dielukan warga saat melakukan peninjauan drainase di Kecamatan Medan Sunggal, Rabu (16/6/2021) sore.

Keluhan warga di Lingkungan IV Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal terkait drainase berpuluh tahun tak digubris. Alhasil, hujan datang sebentar saja warga setempat kebanjiran.

“Kalau sudah hujan sejam, air mau sampai selutut kami,” kata Dedi Arianto, warga setempat.

Hal senada dikatakan Syahbudin. Ia mengaku, drainase di daerahnya terakhir mendapat perawatan pada 1999 silam.

“Itulah terakhir dikorek, dibagusi. Sampai empat wali kota Medan, Pak Bobby memang bapak rakyat, kami punya harapan baru dan kami yakin akan diimplementasikan,” ujarnya.

Warga sudah hampir putus asa mengadukan persoalan di lingkungannya. Berbagai cara mengadu sudah dibuat, namun dahulu tiada respon yang memuaskan. Kini saat Bobby Nasution jadi wali kota, respon menemui masyarakat yang punya problem sangat cepat.

“Baru ini Wali Kota Medan datang, melihat langsung. Yang lain dulu cuma lewat aja. Ini Pak Bobby datang dan janjikan perbaikan drainase. Katanya tahun depan akan dibagusi pakai teknologi plug and play, jadi cepat gak bertele-tele,” ujarnya.

Di sana tampak parit atau drainase yang mulai dikorek. Namun lumpur dan sampah hasil kerukan tampak dibiarkan di pinggir jalan. Melihat hal itu Bobby Nasution pun risau.

Kemudian Bobby memberikan perintah melalui Handy Talky (HT) yang terhubung kepada perangkat daerah di sekitar.

“Tolong sampaikan kepada Pak Camat Medan Sunggal, agar membersihkan sisa kerukan drainase. Jangan dibiarkan di jalan begini. Tolong ya,” perintah Bobby.

Bobby meneruskan memantau drainase yang banyak dikeluhkan warga. Memang banyak aliran yang sudah mampet. Ada pula bangunan di atas drainase. Bahkan sebagian sudah tidak terlihat lagi.

“Warga banyak mengadu ke saya, ini soal drainase. Jadi di daerah ini banjir. Saya lihat memang drainasenya tak ngalir. Tahun depan ini kita bereskan. Sementara menunggu perbaikan drainase di sini akan tetap dikorek, jadi bisa melancarkan air pembuangan,” kata menantu Presiden Jokowi itu.

Untuk membenahi drainase di sana, awalnya Bobby Nasution bertanya langsung kepada warga agar ikut serta mendukung pembangunannya kelak. Itu dipastikan langsung oleh Bobby. “Jangan ada hambatan dari warga, jadi lebih cepat proses pengerjaannya nanti,” minta Bobby.

Menurut Lurah dan warga, seluruhnya sudah siap agar drainase di sana dibenahi. Mereka juga siap bangunan di atas drainase dijebol demi perbaikan.

Selain itu, warga juga mengeluhkan keberadaan pool bus dan usaha ekspedisi yang banyak terdapat di daerah itu. Akibatnya terlihat kumuh dan kerap terjadi kecelakaan lalu lintas akibat truk dan bus yang parkir tidak tertib.

(sc)

Komentar