Angkatan I, Warga DKI Dapat Pelatihan Modif Motor BBM Jadi Listrik

JurnalPatroliNews – Jakarta – Sebanyak 22 orang warga DKI Jakarta mendapat pelatihan untuk mengkonversi sepeda motor BBM menjadi motor listrik.

Pelatihan ini merupakan pelatihan angkatan I yang merupakan hasil kerja sama antara Pusat

Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) dan Balai Besar Survei dan Pengujian (BBSP) KEBTKE.

“Penggunaan kendaraan pribadi menjadi salah satu penyumbang konsumsi bahan bakar fosil yang meningkatkan emisi dan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan dan lingkungan,” ujar Kepala PPSDM KEBTKE, Susetyo Edi Prabowo dikutip dari laman Kementerian ESDM, Jumat (27/1/2023).

Susetyo menjelaskan, kebijakan transisi energi yakni menggantikan penggunaan sumber energi fosil menjadi sumber energi baru dan terbarukan secara bertahap, dengan target 23% penggunaan energi baru dan terbarukan pada tahun 2025.

Selain itu, Indonesia juga berkomitmen mengurangi emisi hingga 29% pada tahun 2030.

Salah satu misi dari capaian transisi energi ini adalah peralihan dari kendaraan berbahan bakar BBM menuju penggunaan kendaraan listrik.

“Sepeda motor menjadi salah satu target dari konversi penggunaan kendaraan listrik, mengingat sepeda motor merupakan andalan mobilitas masyarakat Indonesia karena aksesibilitas dan keterjangkauannya.

Sepeda motor BBM konvensional dapat dikonversi menjadi sepeda motor listrik, namun dengan tetap mengedepankan performa serta kualitas sehingga layak untuk dipakai sehari hari,” ungkapnya.

Dalam rangka menyukseskan program konversi sepeda motor listrik, Kementerian ESDM melaksanaan pelatihan konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik ini.

“Diharapkan rangkaian kegiatan ini dapat menghasilkan sumber daya manusia yang andal dalam melaksanakan kegiatan konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik,” katanya.

Komentar