Luaskan Jaringan, 3 Negara Anggota G20 Minat Kembangkan MRT Jakarta

JurnalPatroliNews – Jakarta – Sedikitnya tercatat tiga negara anggota G20 resmi menyatakan minat dan berkomitmen mengembangkan MRT Jakarta. Hal tersebut disampaikan ketiga pemerintah negara tersebut di sela-sela perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi G20 atau KTT G20 di Bali.

Tiga negara itu adalah Jepang, Inggris, dan Korea Selatan. Ketiga negara tersebut menyatakan minat dan komitmennya melalui penandatanganan nota kesepahaman di Bali, pada Senin, 14 November 2022.
“Atas nama PT MRT Jakarta (Perseroda), saya menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi DKI Jakarta atas dukungan penuhnya dalam pengembangan MRT Jakarta,” ujar Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat, dalam keterangan tertulis, Selasa, 15 November 2022.

Tuhiyat menjelaskan, pihaknya diberi mandat membangun, mengoperasikan, dan mengembangkan sistem perkeretaapian perkotaan pertama di Indonesia tersebut.

Ia berharap MRT nantinya tak hanya menjadi sarana transportasi, tapi juga sebagai city regenerator, urban platformer, dan network provider.

Sementara itu, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap agar proyek pengembangan MRT Jakarta terlaksana dengan baik dan tepat waktu.

Dengan begitu, MRT kian memudahkan perjalanan masyarakat di Jakarta dan makin banyak masyarakat yang beralih ke transportasi umum untuk lingkungan berkelanjutan. “Kami akan terus meluaskan jaringan MRT ke berbagai penjuru Jakarta karena transportasi massal dan modern serta berkelanjutan ialah masa depan kita,” kata Heru.

Adapun Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang juga hadir pada acara penandatanganan MoU itu menyebutkan pertemuan di sela-sela KTT G20 telah dimanfaatkan optimal untuk menjaring kerja sama dengan negara-negara lain guna pengembangan infrastruktur. Hal ini penting karena di tengah keterbatasan APBN.

Budi Karya berharap pengembangan MRT di Ibu Kota bisa mengurai kemacetan dan menjadi moda transportasi publik ramah lingkugan.

Komentar