Pemkot Tangerang Selatan Gerak Cepat Atasi Kejadian Pasca-Hujan Deras

JurnalPatroliNews – Tangsel,- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) bergerak cepat menangani sejumlah kejadian di tujuh kecamatan akibat tingginya curah hujan yang melanda, Sabtu (30/4) kemarin. Diketahui, terjadi banjir di sejumlah titik akibat meluapnya kali dan tanggul lama yang jebol.

Seperti yang dilakukan Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kota Tangsel, tim langsung diterjunkan untuk mengatasi banjir dan tanggul jebol di Puri Pamulang, Pamulang Asri dan Rosewood pada aliran Kali Cibenda. Penangnan berupa pembuatan tanggul sementara dari karung pasir dan pembersihan aliran kali dengan excavator.

“Untuk Puri Pamulang itu kali meluap dan Pamulang Asri itu turap lama yang jebol. Sedangkan di Perumahan Rosewood Ciputat disebabkan air meluap melalui panel perumahan. Untuk Puri Bintaro Indah itu air kali meluap. Saat ini penanganan sementara menggunakan karung pasir. Penanganan permanen dilakukan setelah lebaran,” kata Kepala DSDABMBK Kota Tangsel, Robby Cahyadi.

Selain OPD di atas, perangkat daerah di kewilayahan seperti Camat dan Lurah juga terjun langsung memantau dan melaporkan kondisi terkini akibat hujan deras yang melanda wilayah Tangsel dan sekitarnya.

Seperti di Kecamatan Serpong Utara, Camat Sutang melaporkan bahwa ada dua titik genangan yang disebabkan meluapnya Kali Angke. Antara lain di Perumahan Graha Mas Jelupang dengan ketinggian genangan 20-30 cm dan di SMPN 22 dengan ketinggian genangan yang sama. “Genangan langsung surut setelah hujan berhenti,” kata Sutang, dalam laporannya.

Sementara Camat Serpong, Sae melaporkan tidak ada banjir di wilayahnya. Hanya saja, menurutnya ada genangan di sejumlah titik dan pasca-hujan reda, genangan langsung surut.

Komentar