Pengendara Harus Tahu, 98 Kamera Tilang Elektronik Dipasang di Jakarta Pekan Depan

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Untuk menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, Polda Ditlantas Polda Metro Jaya dan Korlantas Polri akan meresmikan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau kamera tilang elektronik.

Rencananya, sebanyak 98 kamera ETLE statis dan 30 ETLE portabel akan diresmikan, Selasa (23/3) pekan depan.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, peresmian kamera ETLE itu akan dilakukan langsung oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Ini akan dilaunching secara nasional. Rencana kami pada tahap satu ETLE nasional ini ada di 12 Polda dan nanti di April 2021 akan diikuti oleh 12 polda lagi sampai keseluruhan. Kita rencanakan tahun ini seluruh Polda di Indonesia penegakan hukum berbasis elektronik akan terlaksana,” terang Sambodo, Rabu (17/3).

Untuk wilayah Polda Metro Jaya, akan dilaunching 98 kamera ELTE yang terbagi menjadi 57 kamera ETLE eksisting serta 41 kamera ETLE baru.

Sementara itu, untuk nasional, kamera ETLE akan diresmikan berjumlah kurang lebih 240 kamera ETLE. Ini menjadi target utama dalam mendisiplinkan masyarakat berlalu lintas.

“Di Polda Metro itu ada 98 kamera ETLE ya. Sebanyak 41 kamera ETLE berada di 10 koridor TransJakarta kemudian di beberapa titik di jalan tol, kemudian ada sekaligus juga kamera ETLE di Depok dan Kabupaten Bekasi. Itu semua akan dilaksanakan pada 23 Maret 2021. Ini untuk tertibkan masyarakat berlalulintas,” tandas Sambodo.

(askara)

Komentar