Tingkatkan Konektivitas Kawasan Jabodetabek, Jalan Tol Cijago Seksi 3, Kukusan-Cinere Mulai Konstruksi

JurnalPatrolinews – Jakarta,– Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3, Kukusan-Cinere sepanjang 5,44 kilometer. 

Pembangunan itu untuk meningkatkaan volume distribusi barang dan jasa di kawasan Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).

Dimulainya pembangunan jalan tol ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Direktur Utama PT Trans Lingkar Kita Jaya Hilman Muchsin dan Wali Kota Depok Mohammad Idris di Area Gerbang Tol Kukusan, Jumat (28/5).

“Kita sudah merasakan dampak positif dari pembangunan jalan tol, misalnya di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa sekarang ini sudah berkembang kawasan-kawasan industri baru seperti di Brebes, Batang dan Ngawi,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Kemudian di setiap exit Tol Trans Sumatra antara Bakauheni dan Palembang, terdapat beberapa kegiatan ekonomi yang semakin berkembang.

“Data menunjukan adanya tagihan PLN mengalami kenaikan, artinya ada kegiatan ekonomi yang meningkat,” terangnya.

Menteri Basuki menambahkan, Tol Cijago untuk Seksi 1 telah beroperasi tahun 2012 dan Seksi 2 telah beroperasi 2019, artinya sudah hampir 10 tahun, bukan berarti lambat akan tetapi pembangunan diperkotaan tantangannya lebih banyak.

“Tantangannya lebih besar terutama masalah pembebasan tanah. Kalau masalah pembebasan tanah cepat pembangunan infrastrukturnya akan jauh lebih cepat,” tegasnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, Staf Ahli Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja dan Kepala Biro Komunikasi Publik Krisno Yowono.

(askara)

Komentar