Aplikasi Dana Ganti Pemilik, Sinar Mas Suntik DANA Rp 3,7 T, Lazada Beli Saham dari Emtek

JurnalPatroliNews – Jakarta – DANA, aplikasi pembayaran dan layanan keuangan, mengumumkan penyelesaian transaksi investasi terbaru dari Sinar Mas dan perusahaan e-commerce milik Alibaba, Lazada Group.

Menurut laporan Bloomberg, nilai kesepakatan investasi Lazada dan Sinar Mas ke DANA mencapai US$250 juta (sekitar Rp 3,7 triliun).
Dalam siaran persnya, DANA menargetkan pertumbuhan dua kali lipat dalam total volume pembayaran atau nilai transaksi bruto pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2021.

“Kami yakin bahwa kekuatan platform teknologi keuangan DANA akan memberikan banyak nilai strategis kepada investor berharga kami,” ungkap CEO & Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara, dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (11/8/2022).

Chairman PT Dian Swastatika Sentosa Tbk. Franky Oesman Widjaja, mengatakan investasi mereka di DANA menandai dimulainya kolaborasi strategis yang berkelanjutan antara Sinar Mas dan DANA.

Kolaborasi antara DANA dan berbagai lini usaha Sinar Mas pada akhirnya akan mendorong akselerasi digital di Indonesia.
“Kami sangat menantikan kolaborasi dengan DANA untuk membawa dampak positif terhadap digitalisasi bisnis di Indonesia, khususnya bagi inklusi keuangan untuk setiap masyarakat Indonesia,” kata Franky.

Secara bersamaan, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. atau Emtek mengumumkan telah melepas sebagian saham dari PT Elang Andalan Nusantara yaitu induk usaha DANA dan Doku.

Lewat keterbukaan informasi di bursa, Emtek melaporkan bahwa PT Kreatif Media Karya (KMK), anak usaha Emtek, telah sepakat menjual sebanyak 4.792.986 lembar saham seri A dan B PT Elang Andalan Nusantara kepada Lazadapay Holding Pte Ltd senilai US$304,5 juta.

Sekretaris Perusahaan EMTEK Titi Maria Rusli menyampaikan, setelah penyelesaian transaksi tersebut, porsi kepemilikan perseroan pada perusahaan wahana dompet digital dengan merek dagang DANA akan mengalami penurunan jumlah.

“Di lain pihak, KMK akan memperoleh hasil penjualan saham yang berpengaruh positif kepada posisi kas keuangan perseroan,” tulis dia dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Komentar