Bakal Ditinjau Langsung, Ini Kabar Terbaru soal Lokasi Balap Mobil Formula E

JurnalPatroliNews – Jakarta – FIA World Motor Sport Council resmi menetapkan DKI Jakarta sebagai tuan rumah ajang balap mobil ABB FIA Formula E yang bakal digelar, 4 Juni 2022 mendatang. 

Penetapan tersebut sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022 yang ditetapkan di Paris, Jumat (15/10). 

Terkait lokasi sirkuit balap mobil listrik Formula E disebut segera diumumkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui survei yang dilakukan Dewan Olahraga Motor Dunia pada Federasi Otomotif Internasional pada akhir Oktober 2021.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, penentuan lokasi pergelaran Formula E 2022 di ibu kota menunggu tinjauan dari Formula E Operation (FEO).

“Akan ditinjau langsung oleh utusan Formula E. Keputusan itu baru diambil setelah dilalui dan dilakukan tinjauan dari Formula E,” kata Riza kepada wartawan, Jumat (29/10).

Dikatakan Riza, sejauh ini ada lima lokasi yang telah disiapkan menjadi alternatif sirkuit Formula E Jakarta, namun ia enggan mengungkapkan. 

Jika merujuk pernyataan sebelumnya, beberapa lokasi itu di antaranya kawasan Senayan dan Pulau Reklamasi.

“Seperti yang sudah sering saya sampaikan ada lima alternatif lokasi dan sedang menunggu proses secara teknis,” ujarnya.

Sebelumnya, disebutkan terdapat lima pilihan lokasi sebagai pengganti kawasan Monuman Nasional (Monas), di antaranya di Senayan dan di Pulau Reklamasi. Sebelumnya, Gelora Bung Karno (GBK) juga sempat menjadi wacana lokasi alternatif. 

Usulan lokasi balap di Monas batal, lantaran Monas adalah cagar budaya dan ring satu negara, sehingga tidak mendapatkan izin dari pemerintah pusat.

Komentar