Benny Susetyo: Moderasi Beragama, Komitmen Bersama Hadapi Tantangan Terhadap Persatuan dan Kesatuan

Oleh karena itu, diperlukan upaya rekonsiliasi yang melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk mengembalikan semangat persatuan dan kebersamaan.Ia menyatakan bahwa proses pemilu yang demokratis memang wajar menimbulkan perbedaan pendapat, namun setelah pemilu usai, seluruh elemen masyarakat harus kembali bersatu untuk membangun bangsa.

“Rekonsiliasi adalah kunci untuk menghilangkan polarisasi yang terjadi selama pemilu. Kita harus kembali ke semangat persatuan dan kebersamaan yang menjadi inti dari Pancasila,” tegasnya.

Sejalan dengan hal tersebut Benny mengajak Para peserta workshop  untuk tidak saja merenungkan bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan namun juga secara kongkrit mulai dari keluarga, lingkungan kerja, hingga komunitas yang lebih luas. Pancasila menurut Benny bukan hanya teori  untuk dihafal, tetapi harus diwujudkan dalam tindakan nyata, hal tersebut dapat dilakukan dengan menggandeng anak anak muda gen z serta para konten kreator dan influencer untuk memenuhi ruang publik dan digital dengan konten konten positif yang mencerminkan nilai  nilai Pancasila.

“Setiap tindakan kita harus mencerminkan semangat Pancasila, serta semangat persatuan dan kesatuan  dengan demikian, kita dapat membangun masyarakat yang lebih adil, makmur, dan damai,” kata Benny

Benny Susetyo lebih lanjut juga mengapresiasi partisipasi aktif para peserta yang berasal dari berbagai lokasi di Indonesia Antara lain Dari kabupaten Kepulauan Aru, kota Banjarmasin, kota Ternate, kabupaten Banjarbaru, kabupaten Karo, kabupaten  Sumbawa, kabupaten Sumbawa barat dan kabupaten Muaro Jambi. Staff Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan  Ideologi Pancasila tersebut   menekankan kembali komitmen BPIP dalam mendukung upaya-upaya untuk memperkuat moderasi beragama dan kerukunan umat beragama bersama segenap elemen Bangsa Indonesia termasuk Forum Kerukunan Umat Beragama

Benny menutup Paparannya dalam acara yang dihadiri 50 orang tersebut dengan menyatakan bahwa “Mari kita bersama-sama merawat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dengan semangat Pancasila, kita dapat membangun Indonesia yang lebih rukun, harmonis, dan sejahtera,” tukasnya.

Komentar