Berbahayakah..? Penyebab Gempa Cianjur Berkekuatan 5,6 M, Ini Kata Ahli Geologi!

JurnalPatroliNews – Cianjur,- Awang Harun Satyana, Ahli Geologi, menilai, para Ahli sempat menduga, penyebab terjadinya gempa Cianjur Jawa Barat, pada Senin (21/11/22) lalu, adalah karena aktivitas Sesar Cimandiri. Namun, secara Saintifik, masih menjadi tanda tanya yang belum bisa terjawab secara pasti.

Ia menyebut, Sesar Cimandiri, merupakan jalur sesar besar, yang memanjang hampir 100 km, dan terbagi ke segmen-segmen sesar yang melintasi wilayah kabupaten-kabupaten Sukabumi, Cianjur, dan Bandung.

“Sesar ini, secara umum merupakan jalur sesar mendatar, yang bergerak geseran kiri atau sinistral. Begitu pun sifat sesar penyebab gempa Cianjur kemarin. Jadi, tidak heran (jika) para ahli menduga, gempa kemarin berhubungan dengan Sesar Cimandiri,” tuturnya, dikutip CNBC Indonesia, Minggu (27/11/22).

Sementara itu, analisis data lanjutan, menunjukkan bahwa pusat gempa yang menimbulkan 310 korban jiwa tersebut, bukan berasal dari zona Sesar Cimandiri. Karena, lokasi pusat gempa berada di 10 km dari sisi terluar zona Sesar Cimandiri.

Komentar