Berpikir Sebelum Mengklik, Marak Serangan Hacker, Ini Saran Kaspersky untuk Mengamankan Data

JurnalPatroliNews – Jakarta – Serangan hacker saat ini marak di Indonesia, dengan kasus menonjol adalah peretasan oleh aktor bernama Bjorka yang membocorkan data-data penting, baik pejabat maupun institusi di Indonesia. Perusahaan keamanan siber Kaspersky mengatakan serangan peretasan itu adalah ancaman serius karena data saat ini layaknya emas baru.

Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky, mengatakan penjahat dunia maya atau hacker melihat jenis serangan pelanggaran data ini sebagai hal yang menguntungkan.

“Dengan informasi yang bocor di tangan, penjahat dunia maya dapat menyamar sebagai orang tertentu atau menyebarkan penipuan rekayasa sosial untuk mengelabui korban agar mengungkapkan informasi login yang sensitif. Mereka bahkan dapat menjual data yang dicuri di web gelap, beberapa kali,” ujarnya, Senin, 12 September 2022.

Menurutnya, saat ini penting untuk dipahami bahwa perlindungan data adalah tanggung jawab bersama. Pengguna, perusahaan, dan regulator semuanya harus mengambil langkah untuk memperkuat pertahanan terhadap keamanan data.

Komentar