Berstandar Nasional, Pengisian Pejabat ala Gubernur & Wagub Sulut Raih Penghargaan KASN

JurnalPatroliNews – Manado,- Proses pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) yang dilakukan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw diapresiasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Tak ayal, Pemerintah Provinsi Sulut berhasil mendapat penghargaan KASN pada Anugerah Kualitas Pengisian JPT dengan kategori sangat baik.

Penghargaan ini diberikan KASN sebagai apresiasi dan dukungan terhadap Pemprov Sulut dalam pelaksanaan pengisian JPT terbaik sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara nasional.

Pj Sekprov Sulut Praseno Hadi mewakili Gubernur Sulut menerima langsung penghargaan tersebut di Yogyakarta, Kamis (6/10/2022).

Penilaian ini dilakukan terhadap kementerian/lembaga dan pemerintah daerah se-Indonesia terhadap kualitas pengisian JPT yang telah dilaksanakan di instansinya masing-masing.

Dari semua kementerian/lembaga dan instansi pemerintah se-Indonesia yang dinilai, terdapat 82 kementerian/lembaga dan instansi pemerintah yang dinilai sudah mampu melaksanakan pengisian JPT yang berkualitas dan 18 di antaranya dinilai sangat baik dalam proses tersebut.

Usai menerima penghargaan, Pj Sekprov Praseno Hadi menerangkan keberhasilan ini karena keseriusan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw dalam menerapkan sistem merit.

“Hal ini tidak lepas dari political will dan komitmen bapak gubernur dan wakil gubernur yang konsisten mensupport percepatan pelaksanaan sistem merit di Provinsi Sulawesi Utara,” katanya.

Lanjut Praseno Hadi, penghargaan ini juga merupakan suatu pengakuan atas usaha dan upaya Pemprov Sulut mengawal pelaksanaan manajemen ASN yang merit sekaligus meningkatkan kinerja seluruh ASN Pemprov Sulut.

“Sangat disadari, dukungan seluruh perangkat daerah menjadi key factor sehingga Pemprov Sulut sampai di titik ini. Dinamika pemerintahan yang bergerak semakin laju harus diimbangi dengan roda gerak organisasi dan kualitas sumber daya aparatur yang profesional serta mampu bergerak lincah, cepat dan adaptif sehingga birokrasi Sulawesi Utara bukan hanya sekedar tumpukan kertas tanpa makna namun dapat berdampak positif bagi lingkungan sekitarnya,” terangnya.

Terkait penghargaan tersebut, di tempat terpisah Gubernur Olly mengatakan bahwa prestasi ini merupakan bentuk pengakuan dari pihak eksternal terhadap pelaksanaan pengisian JPT di Pemprov Sulut.

Komentar