Bicara Capres PDIP, Puan: Siap Tegak Lurus!!  Jangan Terpengaruh Elektabilitas Tinggi

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Ketua DPP PDIP, Puan Maharani meminta kader partainya untuk tidak terpengaruh terhadap elektabilitas tinggi dari tokoh tertentu dalam kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu dikatakannya saat memberikan arahan kepada kader PDIP di Kabupaten Tapanuli Utara. Dalam arahannya, Puan mengingatkan salah satu rekomendasi dari Rakernas kemarin adalah terkait capres dan cawapres 2024.

Dimana, Rakernas II PDIP menegaskan bahwa penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh PDIP pada Pemilu 2024 harus berdasakan keputusan Kongres V Partai, AD/ART Partai, dan tradisi demokrasi Partai yang merupakan hak prerogatif Ketum PDIP.

“Siap jalankan perintah Partai!!? Siap tegak lurus!!? Jadi kita serahkan ke Ibu Megawati tentang capres, kita tegak lurus keputusan Ibu Ketua Umum, bahwa kita akan memiliki capres yang sudah berbuat dan berdarah untuk PDI Perjuangan,” ujar Puan dalam keterangannya yang dikutip, Jumat (2/9/2022).

“Jangan terpengaruh ini elektabilitas tinggi, ini elektabilitas rendah. Insya Allah PDI Perjuangan akan punya calon presiden yang menang Pilpres 2024,” tutur dia melanjutkan.

Pada kesempatan yang sama, Puan juga turut menegaskan jika tidak ada larangan perempuan untuk menjadi Presiden.

Ia mengingatkan bahwa konstitusi tidak menyebut Presiden harus laki-laki atau perempuan.

“Yang ada WNI yang dicalonkan oleh parpol atau gabungan parpol. Dulu kita punya Presiden perempuan, Menko perempuan, sekarang Ketua DPR perempuan,” tuturnya.

Untuk itu, Puan mendorong kader-kader perempuan agar terus aktif. Ia juga meminta para kader PDIP turun menyapa rakyat.

Selain itu, Puan mengingatkan kader untuk memanaskan mesin partai karena tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai.

Komentar