Gawat! Erick Tohir Dapat Laporan, 65% Dana Pensiun BUMN Bermasalah Dikelola Pensiunan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir menyebutkan saat ini pihaknya tengah melakukan bersih-bersih di tubuh keuangan BUMN.

Pasalnya ia mendapati laporan sebanyak 65% dana pensiun (dapen) BUMN bermasalah.

Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury menyebutkan bahwa pengelolaan Dapen BUMN sedang diupayakan bisa seragam. Dia menyebutkan bahwa Dapen BUMN masih ada yang buruk namun juga ada yang bagus.

“Kita sedang upayakan supaya pengelolaan dana Dapen BUMN itu bisa seragam. Kan ada yang bagus, ada yang masih belum bagus, ini memang melalui upaya reformasi yang dilakukan Pak Erick,” ungkap Pahala saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Pahala mengatakan Dapen BUMN mungkin tidak dikelola oleh ahlinya, dengan begitu dia menyebutkan ahli pengelolaan dapen harus turun tangan dalam mengatasi hal permasalahan yang sedang dihadapi.

Dia mengantisipasi, jangan sampai dapen dikelola oleh para pensiunan yang sebenarnya juga tidak memahami dapen.

“Semua pengelolaannya kan banyak sekali, pengelolaan dana dapen yang mungkin tidak dikelola oleh orang yang ahlinya. Ini tentunya yang perlu dilakukan, yang mengelola harus yang ahlinya jangan sampai dikelola oleh, mohon maaf, para pensiunan yang nggak memahami juga investasi itu yang arahan utamanya seperti itu,” tandasnya.

Pahala mengungkapkan bahwa dapen yang dikelola bukan oleh ahlinya tersebut banyak ditemukan di beberapa BUMN.

Komentar