Gus Saiful Ajak Mahasiswa Universitas Moestopo Tolak Politisasi Agama

Perubahan ini mendorong RRI untuk beradaptasi dengan perubahan zaman. RRI kini telah bertransformasi menjadi media penyiaran multiplatform yang dapat diakses oleh masyarakat melalui berbagai platform. Dengan begitu, informasi penting dan edukatif dapat tersampaikan kepada berbagai lapisan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (B), Prof. Dr. H. Paiman Raharjo, M.M., M.Si. menjelaskan bila moderasi beragama dan pluralisme merupakan pedoman penting yang sudah dipegang sejak lama oleh sivitas akademika di lingkungan Universitas Moestopo.

Sebab, pedoman ini merupakan warisan besar yang diberikan oleh pendiri Kampus Merah Putih, Mayor Jenderal TNI (Purn.) Prof. Dr. Moestopo yang juga merupakan Pahlawan Nasional.

Untuk diketahui, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) sendiri merupakan perguruan tinggi di Indonesia yang mampu meraih penghargaan Inklusivitas Accreditation Service for International Schools, Colleges & Universities (ASIC) 2021 di Inggris karena dianggap mampu memperlihatkan kemajuan, pencapaian, dan dampak inisiatif inklusivitas dalam konteks promosi pendidikan dan nilai kewarganegaraan global.

“Sejak kampus ini berdiri Universitas Moestopo sudah memegang teguh prinsip-prinsip pluralisme. Sebab Universitas Moestopo adalah universitas yang mampu menegakkan kerukunan agama, serta menjunjung tinggi solidaritas antar agama satu dengan agama lainnya,” jelas Prof. Paiman.

“Ini merupakan wujud dari sila ke 1 yaitu Ketuhanan yang maha esa. Yaitu dapat menjaga melihat dan merawat kerukunan dalam beragama,” lugas Prof. Paiman.

Komentar