Hindari Polemik, NasDem Minta Koleganya: Partai Demokrat Dan PDIP Menahan Diri

“Karena yang berhak menentukan siapa capres suatu partai politik adalah partai politik, internal partai politik dengan koalisinya. Artinya kalau kemudian koalisi partai itu sudah terbentuk, mereka yang berhak mencalonkan presiden,” ujarnya.

Menurut Ali, partainya pun hingga saat ini tidak mendengar ada upaya dari pihak tertentu untuk mencurangi Pemilu 2024. Ia berharap partai politik bisa menghadapi kontestasi Pemilu tanpa mendiskreditkan partai lainnya.

Dalam pidatonya, SBY menyatakan dugaan akan ada kecurangan berupa upaya agar calon presiden dan wakil presiden yang maju hanya dua pasang saja. Berdasarkan informasi yang dia terima, Demokrat tak akan diberikan kesempatan untuk mengajukan calon presiden.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, berbalik menuding SBY soal gelaran Pemilu 2009 yang diwarnai kecurangan. Meskipun SBY tak menyebutkan pihak mana yang akan melakukan kecurangan, Hasto merasa pidato SBY itu ditujukan kepada PDIP dan Presiden Jokowi.

Pada 2009, kata Hasto, kenaikan suara Demokrat mencapai 30 persen. Menurutnya, ini merupakan anomali dalam Pemilu. Kenaikan drastis perolehan suara Partai Demokrat dan popularitas SBY itu disebut politikus senior PDIP itu sebagai imbas dari kebijakan populis SBY mendekati masa Pemilu.  Hasto juga sempat menuding  Demokrat menggunakan dana bailout Bank Century pada saat itu.

Komentar