ICMI: Masjid Seharusnya Menjadi Pusat Sosialisasi Nilai Kehidupan Bagi Anak

JurnalPatroliNews – Jakarta – Masjid-masjid diharapkan bisa menjalankan salah satu fungsinya sebagai pusat pendidikan dan sosialisasi nilai-nilai kehidupan bagi anak-anak, khususnya bidang keagamaan, sehingga seharusnya lingkungan masjid dapat dibuat menjadi konsep Masjid Ramah Anak, demikian dikatakan oleh Wakil Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Profesor Riri Fitri Sari yang membidangi masalah kebudayaan, perempuan anak pemuda dan kesehatan dalam siaran tertulisnya kepada media pada Minggu, (24 Maret 2024) paska pelaksanan Webinar bertajuk : “Mewujudkan Masjid Ramah Anak” di Jakarta.

“Kemarin bersama Ketua Umum ICMI Prof. Arif Satria kita sudah sepaham, bahwa masjid seharusnya dapat menjadi pusat sosialisasi nilai kehidupan bagi anak, sehingga harus mampu mengimplementasikan sikap ramah dan menyenangkan bagi anak-anak, jauh dari kekerasan fisik maupun oral,” ujar Riri.

Menurut Riri, anak-anak juga memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran agama di dalam suasana keagamaan yang baik, dan diharapkan di dalam masjid-masjid yang ada mereka semua akan mendapatkan tempat yang tepat agar dapat tetap berkembang sesuai usianya.

“Bukankah masjid juga memiliki salah satu fungsinya sebagai pusat edukasi atau pendidikan, sehingga kelak mereka diharapkan mampu menjadi generasi penerus pembawa risalah Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wasallam,” tegas Riri.

Riri yang juga Guru Besar Teknik Komputer di Universitas Indonesia itu menyayangkan adanya tindakan kekerasan dan perundungan yang terjadi pada anak-anak dan remaja di lembaga-lembaga pendidikan berbasis agama, lingkungan sekolah bahkan di rumah-rumah ibadah.

Komentar