Jokowi Tampak Khawatir, Akankah PPKM Diperketat Lagi?

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Semua pihak sedang menanti pengumuman lanjutan dari pemerintah masa pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa – Bali yang dimulai sejak 2 November lalu berakhir pada hari ini, Senin (15/11/2021).

Diketahui, PPKM luar Jawa – Bali berakhir satu minggu setelahnya, atau 22 November 2021. Hingga saat ini, belum ada kejelasan apakah PPKM Jawa Bali akan diperpanjang atau tidak. Pemerintah akan kembali menggelar evaluasi pelaksanaan PPKM. Rapat akan langsung dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada siang ini di Istana Kepresidenan Jakarta.

Dalam dua pekan terakhir, sejumlah kabupaten kota di seluruh Jawa Bali memang turun ke level 1, terutama di sejumlah wilayah aglomerasi seperti DKI Jakarta, Tangerang, Hingga Bekasi.

Pemerintah juga melakukan berbagai relaksasi kebijakan seperti kegiatan sekolah tatap muka, kegiatan kerja di kantor, ketentuan pengunjung mal, hingga transportasi publik. Namun, bukan berarti situasi benar-benar sudah membaik. Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan dalam dua pekan terakhir, perkembangan kasus Covid-19 memang cenderung fluktuatif.

Selama periode 2 hingga 14 November 2021, DKI Jakarta menjadi provinsi dengan penambahan kasus terinfeksi Covid-19 tertinggi dibandingkan dengan provinsi lainnya sebanyak 1.166 kasus. Disusul kemudian oleh Jawa Barat sebanyak 999 kasus, Jawa Tengah sebanyak 654 kasus, Jawa Timur sebanyak 618 kasus, Daerah Istimewa Yogyakarta 463 kasus, Banten 219 kasus, dan Bali 167 kasus.

Diketahui kasus Covid-19 yang sudah terjadi dalam beberapa pekan terakhir memang sempat membuat Presiden Jokowi khawatir terjadi ledakan kasus secara tiba-tiba.

Pada akhir bulan lalu misalnya, kekhawatiran Jokowi terungkap setelah mengetahui bahwa tingkat kepatuhan masyarakat mengalami penurunan, berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Sementara dari data Satgas Covid 19, Ada sejumlah kabupaten, kota dan kecamatan yang tingkat memakai masker masih di bawah 6%.

Komentar