Jokowi Tegaskan: Polri Harus Siaga Tanpa Libur

JurnalPatroliNews – Jakarta.,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Upacara Hari Bhayangkara ke-78 di Monas, Jakarta Pusat, pada Senin (1/7/2024).

Dalam sambutannya, Jokowi menekankan peran Polri yang sangat dekat dengan masyarakat, sehingga gerak-gerik mereka akan selalu terlihat.

Example 300x600

“Polri memiliki peran sentral di masyarakat, selalu bersentuhan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Polri tidak ada liburnya, Polri ada di mana-mana, tidak ada wilayah yang terlewatkan. Namun, rakyat juga melihat dari dekat seluruh gerak-gerik dan tindak tanduk Polri,” kata Jokowi.

Jokowi menyampaikan kebahagiaannya karena survei terbaru menunjukkan citra Polri yang semakin membaik, bahkan menempatkan institusi ini di posisi tertinggi kedua.

“Ini patut kita syukuri serta harus dipertahankan dan ditingkatkan, dengan komunikasi publik yang baik, menjadi teladan, serta membangun etika pelayanan yang berorientasi pada rakyat.

Karena tantangan ke depan tidak semakin mudah, baik dari sisi geopolitik, teknologi, maupun iklim, semuanya semakin rumit dan penuh ketidakpastian,” ujar Jokowi.

Jokowi menekankan bahwa tugas Polri sangat berpengaruh terhadap ketahanan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan. Oleh karena itu, ia berpesan agar anggota Polri harus semakin lincah dan adaptif, serta memiliki pandangan strategis.

“Polri harus menjadi cooling system dan perekat kebhinekaan, harus profesional dan tidak tebang pilih dalam penegakan hukum. Apalagi dalam menghadapi kejahatan transnasional yang semakin kompleks dan canggih. Polri juga harus mengikuti perkembangan IPTEK,” tambahnya.

Selain itu, Jokowi berpesan agar Polri terus menjaga netralitas dan stabilitas jelang pilkada yang akan berlangsung pada November 2024.

“Sebentar lagi kita memasuki tahapan pilkada, saya minta Polri turut mendukung dan mensukseskan dengan menjaga netralitas, stabilitas, dan demokrasi agar pilkada dapat berlangsung aman, jujur, dan adil,” pungkas Jokowi.

Komentar