Kasus Konfirmasi DKI & Bali Turun, Luhut Sebut: Kasus Omicron Terkendali

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggelar rapat terbatas evaluasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) secara virtual di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan.

Berdasarkan pemantauan pemerintah dalam sepekan terakhir, pemerintah mencatat bahwa kasus Covid-19 varian Omicron yang dalam beberapa waktu terakhir mengalami kenaikan, kini sudah cukup terkendali.

“Saya sampaikan kasus Omicron terkendali,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, usai rapat terbatas, Senin (21/2/2022).

Luhut mengakui bahwa kasus Covid-19 varian Omicron memang sudah melebihi angka puncak kasus saat Indonesia diserang varian Delta. Namun, situasinya masih jauh lebih baik dibandingkan puncak kasus tahun lalu.

“Meski penambahan kasus melebihi tren delta, tapi kondisi rawat inap dan kematian masih di bawah delta,” kata Luhut.

Catatan pemerintah, kasus konfirmasi harian di DKI Jakarta, Banten, dan Bali sudah mengalami penurunan dalam tujuh hari terakhir. Selain itu, tingkat keterisian di rumah sakit di Ibu Kota dan pulau Dewata juga sudah mengalami penurunan.

“Hingga hari ini jumlah keterisian rawat inap rumah sakit di Jawa-Bali masih jauh di bawah keterisian varian Delta,” kata Luhut.

Komentar