Korlantas Buka Opsi One Way Cikampek-Semarang Bila Pemudik Membeludak

JurnalPatroliNews – Jakarta – Korlantas Polri memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2023 mulai 18 hingga 21 April mendatang. Sejumlah opsi pun tengah dikaji Korlantas untuk mengantisipasi membludaknya pemudik.

Kabagops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan, salah satu opsi yang tengah dipertimbangkan yakni penerapan One Way dari Tol Cikampek hingga GT Kalikangkung KM 414, Semarang.

Penerapan One Way diputuskan setelah Surat Keputusan Bersama (SKB) dengan instansi terkait keluar.

“Masih nunggu SKB,” kata Eddy Rabu (29/3).

“Iya (diputuskan setelah rapat bersama Menhub dan instansi terkait),” sambungnya.

Penerapan One Way dari Tol Cikampek hingga Semarang pada lebaran tahun sebelumnya telah diterapkan.

Seluruh kendaraan bisa menggunakan semua lajur tol untuk mengarah ke Semarang.

Sebelumnya, Korlantas Polri memprediksi puncak kepadatan arus mudik Lebaran 2023 akan berlangsung selama 18 hingga 21 April mendatang.

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan menjelaskan, prediksi ini muncul setelah pemerintah menetapkan waktu Cuti Bersama Lebaran sejak 19 April 2023.

“Kemarin Pak Menhub sudah mengusulkan untuk cuti bersama dimajukan tanggal 19 [April]. Jadi kita prediksi 18 malam ini sudah mulai ada kepadatan,” ujar Aan di Jakarta Selatan, Selasa (28/3).

Kepadatan arus kendaraan ini, kata Aan, bakal terjadi hingga H-1 Lebaran, yang diperkirakan bakal jatuh pada 22 atau 23 April 2023.

“Ada peningkatan sampai tanggal 21 atau H-1 [Lebaran], ini untuk kalau yang Lebarannya [tanggal] 22. Kalau yang Lebarannya [tanggal] 21, itu akan pulang sebelum [tanggal] 21,” terang dia.

Komentar