Luar Biasa Sekali, Komisi III DPR Dukung Kesetaraan Gender di Tubuh Polri

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni itu mengapresiasi inklusifitas dalam perekrutan personel di tubuh Polri. Bahkan, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit telah merekrut 83 santri, 410 personel yang berasal dari suku pedalaman dan daerah terpencil, 3.500 personel dari orang asli Papua dan 21 personel berkebutuhan khusus menjadi PNS Polri.

“Luar biasa sekali, ini adalah wujud inklusifitas di tubuh Polri. Dengan program rekrutmen yang proaktif ini, kepolisian menunjukkan bahwa lembaganya adalah institusi yang mengayomi, tidak eksklusif, dan merangkul berbagai kalangan,” ujar Sahroni kepada wartawan di Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Sahroni juga menyoroti terkait isu kesetaraan gender di tubuh Polri. Karena, Kapolri menyampaikan ingin terus menambah personel Polwan di kepolisian dan menempatkan mereka di jabatan-jabatan strategis.

“Selain itu terkait kesetaraan gender, memang seperti yang kita tahu, komposisi Polwan terhadap polisi pria masih sangat timpang di kepolisian, tapi saya sangat mengapresiasi Pak Kapolri yang berkomitmen untuk terus meningkatkan keterwakilan perempuan,” jelasnya.

Apalagi, Politikus Partai Nasdem ini menambahkan banyak kasus-kasus hukum yang perlu keterlibatan Polwan, seperti misalnya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), dan juga kekerasan seksual.

“Hal ini karena memang banyak kasus-kasus di mana peran Polwan sangat dibutuhkan. Misalnya dalam penanganan kasus KDRT. Jadi terima kasih Pak Kapolri telah memberikan perhatian atas hal ini,” pungkas Legislator asal DKI Jakarta ini.

Komentar