Masjid Istiqlal Belum Bisa Digunakan Sholat Idul Adha 1441 H, Alasannya?

JurnalPatroliNews – JAKARTA – Masjid Istiqlal dipastikan belum bisa digunakan untuk pelaksanaan Sholat Idul Adha tahun 1441 H. Ini diputuskan karena tahap renovasi Masjid yang dianggap belum rampung.

Hal tersebut diketahui dalam rapat tingkat menteri yang dipimpin oleh Menko PMK Muhadjir Effendy terkait persiapan penyelenggaraan Idul Adha 1441 Hijriah, Kamis (9/7/2020).

“Sudah ada diambil kesekapatan tentang penggunaan Masjid Istiqlal. Intinya tahun ini Masjid Istiqlal tidak digunakan sholat Idul Adha,” tutur Muhadjir.

Sementara Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar menjelaskan bahwa proses renovasi sudah sampai 90 persen. Namun pihaknya mempertimbangkan untuk tidak menggelar Sholat Idul Adha karena ada renovasi yang belum rampung dibagian pintu masuk.

“Obyektifnya, kita renovasi memang hampir selesai yakni 90 persen. Ada yang belum selesai ada pintu masuknya,” ujar Nasaruddin.

Ia mengatakan pihak Masjid Istiqlal lebih mempertimbangkan keselamatan jamaah dibandingkan mengejar manfaat. Karena itulah pihaknya meminta agar menyempurnakan Masjid Istiqlal sebelum digunakan saat masa transisi new normal.

“Kita kedepankan yang wajib baru sunnah untuk kemaslahatan semuanya. Kita beri kesempatan supaya Istiqlal bisa sempurna dan tepat waktu, maka dipilih belum bisa menggelar sholat Idul Adha,” ungkap Nasaruddin.

(okz)

Komentar