Maskapai Setop Penerbangan di Bandara JB Soedirman, Politisi Demokrat: Biar Tekor Asal Kesohor

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kabar Maskapai Citilink yang menyetop operasinya di Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga terungkap dari pernyataan pengamat kebijakan publik Agus Pambagyo lewat akun media sosialnya.

Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagyo membenarkan kabar setop beroperasinya Citilink ketika hendak memesan jadwal penerbangan ke wilayah tersebut pada pekan depan.

Saat hendak memesan melalui aplikasi pemesanan tiket daring, ternyata tidak ada tiket yang dijual  untuk rute penerbangan tersebut. Padahal Citilink merupakan satu – satunya maskapai yang beroperasi dan melayani rute Jakarta – Purbalingga – Surabaya.

“Saat saya konfirmasi ke Citilink. Memang sudah setop terbang sampai Oktober ini,” ujarnya, Minggu (24/10/2021).

Menurutnya, alasan Citilink menyetop rute penerbangannya ke wilayah lantaran tingkat permintaan yang rendah. Dia pun menyayangkan dengan kondisi tersebut.

Hal tersebut menjadi pembelajaran bagi pemerintah dan bukti nyata bahwa pembangunan bandara tanpa studi kelayakan yang rinci dan hanya mementingkan kecepatan hanya menghamburkan uang dan merugikan negara.

“Semoga nasibnya tidak seperti bandara Kertajati,” imbuhnya.

Menanggapi hal ini, Politisi Partai Demokrat Yan Harahap pun menyindir pemerintah Jokowi yang telah membangun bandara tersebut.

Yan Harahap mengatakan pembangunan Bandara JB Soedirman bak peribahasa “Biar tekor asal kesohor”.

Menurutnya, pembangunan bandara tersebut dilakukan pemerintah Jokowi biar kelihatan punya karya.

“Ini yg disebut, “biar tekor asal kesohor”.

Yang penting dibangun dulu biar kelihatan punya ‘karya’,” kata Yan Harahap di akun Twitter @YanHarahap, Minggu (24/10/2021).

Dia menambahkan, berdasarkan studi kelayakan, Bandara JB Soedirman memang tidak layak untuk dibangun karena hanya akan menjadi bangunan yang mubazir.

“Meskipun sebenarnya dari sisi “feasibility study’ tak layak untuk dibangun, dan akhirnya menjadi seonggok bangunan ‘mubazir’,” ujarnya.

Sebagai informasi, Bandara JB Soedirman sudah beroperasi mulai 1 Juni 2021 dan melakukan penerbangan komersil perdananya pada 3 Juni 2021.

Komentar