Masyarakat Siap-siap! Benarkah Harga Beras RI Paling Mahal Se-ASEAN, Cek Fakta!

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Harga beras memang naik gila-gilaan belakangan ini bahkan diramal bakal terus melonjak beberapa waktu ke depan karena stok yang semakin menipis sementara permintaan diprediksi bakal tetap stabil bahkan meningkat jelang akhir tahun nanti.

Beras ini adalah pangan utama di kawasan ASEAN, termasuk Indonesia sehingga kenaikan harga beras sangat memukul masyarakat.Pada awal Agustus lalu, harga beras di Asia sudah mencapai rekor tertingginya dalam 15 tahun terakhir.

Kenaikan harga beras di Indonesia juga sangat menggila. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa inflasi harga beras sangat tinggi pada Agustus 2023, bahkan tingkatnya melampaui level inflasi yang tercatat sudah tinggi pada periode Oktober 2015 atau delapan tahun terakhir.

Kini, tak ada lagi harga beras yang berkisar di Rp10.000-an. Kecuali beras yang dijual pemerintah lewat Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Perum Bulog. Dalam setahun, harga berasbulan September ini sudah naik 13,78% dibandingkan September 2022.

Dengan kondisi ini, tampaknya masyarakat perlu bersiap-siap dengan kenaikan harga beras yang bakal lebih tinggi lagi.

Komentar