PDIP, Gerindra, dan PKB Berpeluang Besar Membangun Koalisi Untuk Pemilu 2024

JurnalPatroliNews – Jakarta –Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno menilai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ),

Partai Gerindra , dan PKB berpeluang besar membangun koalisi untuk Pemilu 2024. Penilaian itu didasari atas rencana pertemuan elite partai Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya dengan PDIP.

Menurut Adi, besarnya peluang tiga partai itu membangun koalisi didasari atas kesamaan latar belakang yakni partai pendukung pemerintah.

Atas dasar itu, ia merasa tak ada jarak di antara ketiga partai tersebut.

“Ini pertemuan all president’s party. Sangat mungkin ketiga partai ini berkongsi dan melebur jadi satu poros politik. Toh sejauh ini tidak ada jarak di antara ketiga partai itu. Chemistry-nya masih kuat,” kata Adi saat dihubungi MNC Portal, Jumat (19/8/2022).

Bila tiga partai itu membangun koalisi, Adi merasa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bakal melebur. Apalagi, hubungan antar-elite partai tersebut dinilai cukup baik.

“Jika ketiga partai ini berkoalisi, sangat mungkin poros politik lain seperti KIB minat gabung. Toh sama-sama partainya Jokowi’ dan PDIP juga hubungannya cukup baik dengan elite-elite KIB,” ucap Adi.

“Jika itu yang terjadi, merem aja koalisi besar ini menang pilpres. Dengan catatan mengusung capres yang kuat,” sambungnya.

Komentar