Pemprov DKI Gelontorkan Rp 3,83 M Untuk Mudik Gratis 2023

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta menggelontorkan Rp 3,83 miliar untuk pelaksanaan mudik gratis tahun 2023.

Anggaran ini meningkat jika dibandingkan tahun lalu, yaitu sebesar Rp 8,27 miliar.

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan, anggaran miliaran itu tidak hanya digunakan untuk seremonial saja, namun juga untuk kegiatan lain.

“Dalam pelaksanaannya nanti, meliputi beberapa rangkaian. Seremonial hanya bagian dari keseluruhan rangkaian tersebut,” kata Syafrin di Kantor Dinas Teknis, Jakarta Pusat, Rabu (29/3).

Jika melihat dari Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SiRUP LKPP), anggaran Rp 3,83 miliar ini akan digunakan untuk membuat sistem pendaftaran, melakukan sosialisasi kegiatan mudik gratis, melakukan verifikasi data calon pemudik, menyiapkan persiapan pelaksanaan ceremony, serta pendampingan peserta mudik.

Adapun jenis pengadaannya dilakukan dengan metode tender.

Menurut Syafrin, seluruh penganggaran ini telah dibahas secara matang dalam penyusunan APBD DKI 2023 dengan pihak Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta.

“Perlu diketahui bersama, penganggaran kegiatan Mudik dan Balik Gratis Angkutan Lebaran DKI Jakarta tahun 2023 ini dilakukan dengan mengemban Asas Compliance (Kepatuhan) yang juga telah mendapat persetujuan dari DPRD,” jelas Syafrin.

Tahun 2023, Dishub DKI bakal memberangkatkan 19.280 pemudik ke 19 kota/kabupaten di 6 provinsi yang meliputi 11.120 kuota mudik dan 8.160 orang untuk arus balik kembali ke Jakarta.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga akan menyiapkan 690 truk khusus untuk mengakut sepeda motor ke kota tujuan mudik dan 300 truk untuk kembali ke Jakarta.

Pendaftaran mudik gratis ini telah ditutup untuk sementata. Dishub DKI kini tengah melakukan verifikasi data ribuan calon peserta mudik gratis.

Komentar