Persiapan Sudah Cukup Baik, Luhut Sebut: Ditelpon Jokowi Soal Pengamanan di KTT G20

JurnalPatroliNews – Nusa Dua – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan persiapan pengamanan sepanjang KTT G20 di Bali. Menurut dia, Indonesia berpengalaman, baik TNI maupun Polri sudah cukup baik pengamanannya.

“Kita berdoa untuk tidak ada apa-apa, tapi overall saya kira pengamanan sangat baik dari pihak kepolisian maupun TNI,” ujar Luhut dalam konferensi pers virtual pada Sabtu, 12 November 2022.

Selain itu, tim keamanan juga sudah mengaktifkan teknologi pemindaian wajah atau face recognation di airport dan pelabuhan serta tempat lain. Bahkan, kata Luhut, face recognation sudah diuji coba.

 “Jadi saya kira pengamanan tidak ada isu,” ucap dia.

Sementara, Luhut melanjutkan, koordinasi dengan Secret Service dari berbagai negara yang akan hadir juga berjalan baik.

Ia mengakui memang Indonesia tidak bisa mengakomodasi semua permintaan sejumlah pimpinan negara yang akan hadir. Tapi dia memaklumi karena memang ada standar operasional prosedur yang harus dihormati.

“Jadi negara kita ini juga tidak bisa diatur-atur oleh siapa pun. Jadi semua ada, apa yang diberlakukan di internasional, itu yang menjadi pegangan kita,” kata Luhut.

Luhut juga mengaku ditelepon Presiden Joko Widodo alias Jokowi soal persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Jokowi sedang hadir di acara pertemuan para pemimpin ASEAN dengan perwakilan ASEAN Inter-Parliament Assembly (AIPA) di Phnom Penh, Kamboja.

Komentar