Presiden Jokowi Pastikan Kementerian PUPR Siap Bangun Rumah Relokasi Bencana

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat meninjau lokasi bencana longsor di Adonara, Kabupaten Flores Timur, Jumat (9/4). 

Presiden Jokowi mengatakan, untuk para korban di lokasi bencana akan direlokasi ke tempat yang lebih aman seperti halnya yang juga akan dilakukan di lokasi bencana Kabupaten Lembata, NTT.

“Yang pasti Kementerian PUPR siap untuk membangun rumahnya,” ujarnya.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko dalam kunjungannya ke Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur menginstruksikan agar segera dibangun Jembatan Waiburak yang terputus akibat banjir bandang.

“Siapkan jembatan darurat sementara dengan memanfaatkan kayu reruntuhan yang ada agar bantuan logistik bisa bergerak. Bersamaan dengan itu BPJN NTT membangun jembatan darurat (bailey),” ujar Jarot.

Jarot juga meminta tim Kementerian PUPR bekerja sama dengan TNI dan warga segera memanfaatkan alat berat yang sudah ada di lokasi untuk pembersihan area.

“Terutama buka hambatan yang masih ada di sungai seperti batu besar dan lumpur. Sehingga jika terjadi hujan lagi tidak menghambat aliran air,” tuturnya.

Untuk mempercepat upaya tanggap darurat di Adonara NTT, Kementerian PUPR telah mengerahkan delapan unit excavator, sembilan unit dump truck, dua unit loader, mobil tangki air dua unit, hidran umum empat unit di Nelelamadike dan BBM 5000 liter.

Selanjutnya sejumlah tambahan bantuan dalam perjalanan dari Kota Kupang sebanyak mobil toilet satu unit dan WC knock down empat unit, satu unit loader, satu unit motor grader, satu unit water tank dan dua unit vibratory roller. (industry) 

Komentar