Prima DMI DKI Jakarta Sukses Selenggarakan Latihan Kader Masjid (LKM) Selama 4 kali dalam Sebulan

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Pimpinan Wilayah (PW) Prima DMI DKI Jakarta sukses mengelar kegiatan Latihan Kader Masjid (LKM) yang diselenggarakan sebanyak empat kali dalam rentang waktu selama satu bulan. Dimulai pada hari Rabu, 1 Mei 2024 di Masjid Raya Al-Ittihaad Jakarta Selatan, hari Kamis 8 Mei 2024 di Masjid Al-Amanah Nurani Bangsa Jakarta Utara, hari Kamis 18 Mei 2024 di Masjid jami’ Al-Anwar Jakarta Barat sampai yang terakhir pada hari Ahad, 2 Juni 2024 di Masjid Jami YARSI Jakarta Pusat.

Kegiatan LKM yang berlangsung selama seharian penuh ini berisi materi tentang Kemasjidan, Keorganisasian dan Keterampilan. Dengan menggunakan pendekatan metode andragogi, para peserta tidak hanya duduk mendengarkan materi, namun mereka juga secara antusias mengikuti tahapan materi berupa diskusi kelompok, presentasi, tanya jawab, pertanyaan quiz melalui aplikasi kahoot, juga simulasi dan praktek dalam membuat program dengan analisis SWOT.

Hanif Syuhada selaku Direktur Prima Akademi menuturkan bahwa Latihan Kader Masjid (LKM) merupakan program kaderisasi resmi dari Prima DMI yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader dalam mengolah dan mengelola kegiatan-kegiatan di masjid. Selain itu juga diharapkan agar para kader memiliki kemampuan manajerial, kepemimpinan dan komunikasi yang efektif dalam menjalankan organisasi secara produktif, dinamis, inovatif serta kolaboratif.

“Pemuda dan Remaja adalah masa depan masjid. Begitupula Kader Prima DMI dan Remaja Masjid merupakan generasi pelanjut pengurus DMI maupun pengurus DKM. Sebab Prima DMI merupakan anak kandungnya DMI dan Remaja Masjid anak kandungnya DKM. Mereka harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk memastikan keberlanjutan fungsi masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan, pendidikan, sosial kemasyarakatan dan persatuan umat,” ujar Ahmad Farhan selaku Ketua Prima DMI DKI Jakarta.

Komentar