Survei Parameter Politik Indonesia: Prabowo Subianto Unggul, Sandiaga Uno Terendah

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Nama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Agus Harimurti Yudhoyono masih unggul dalam survei kandidat terkuat calon presiden untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, dalam diskusi melalui zoom, Sabtu (5/6).

“Kami melakukan survei dan 5 nama terbesar apabila pemilihan presiden dilaksanakan saat ini karena Presiden Joko Widodo tidak boleh mencalonkan diri lagi, maka ada 5 nama tokoh utama yang paling berpeluang,” ujar Adi Prayitno.

Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan 22,3 persen. Lalu, ada Ganjar Pranowo di urutan kedua dengan dengan 19,7 persen.

Di tempat ketiga, ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan angka 18,1 persen. Kemudian, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 10,1 persen.

Selanjutnya menempati peringkat kelima ada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dengan presentase 7,5 persen.

“Ada 22,3 persen suara yang ragu atau belum menjawab dalam survei lima tokoh Capres Pilpres 2024 ini,” tandas Adi Prayitno.

Survei Nasional Parameter Politik Indonesia yakni “Peta Politik Nasional Menuju Pilpres 2024” dilakukan pada 23-28 Mei 2021 dan diikuti 1.200 responden melalui survei telepon dengan margin of error survei sebesar ± 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

(askara)

Komentar