Taiwan Technical Mission Presentasi Panen Bawang di Sumatera Utara

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Taiwan Technical Mission (TTM) mengadakan acara panen dan pameran hasil pencapaian proyek “Produksi dan Pemasaran Bawang Putih dan Merah Provinsi Sumatera Utara”.

Acara berlangsung 12 Juni 2024 di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Tujuan acara ini untuk memberi gambaran kepada para mitra proyek tersebut.

Menurut keterangan pers yang diterima kantor pusat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Minggu (23/6/2024), mitra proyek yang hadir dalam acara tersebut, antara lain Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, dan petani lokal.

Taiwan menunjukkan perkembangan pelaksanaan proyek saat ini dan bibit bawang merah dan bawang putih yang diproduksi di lahan percontohan (demplot) Taiwan Technical Mission.

Selain itu, acara ini juga menampilkan upaya Taiwan Technical Mission dalam mempromosikan tanaman rotasi seperti wortel, baby buncis, dan kubis ungu varietas Taiwan, untuk meningkatkan keragaman tanaman sayuran di daerah Sumatera Utara.

Deputi Representatif dari Taiwan Economic and Trade Office (TETO) di Indonesia Chen Sheng Peng alias Steven Chen menyatakan bahwa Taiwan mengirimkan tenaga ahli pertanian untuk membimbing dan membantu petani lokal, serta bekerja sama lebih lanjut dengan petani untuk menciptakan keberhasilan produksi dan pemasaran.

Ini adalah karakteristik dan model Taiwan dalam membantu memajukan pertanian lokal. Selain membagikan pengalaman Taiwan, juga membantu dalam pengembangan pasar.

Taiwan bersedia berbagi pengalaman berharga di bidang pertanian dengan petani Indonesia dan bekerja sama dengan petani lokal.

Staf Khusus Menteri Bidang Ketahanan Pangan dan Ekonomi Hijau dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Van Basten, menyatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, kondisi iklim yang ekstrem telah mempengaruhi hasil panen tanaman di Indonesia dan menyebabkan kenaikan harga tanaman hortikultura.

Komentar