NasionalPolitik

Teka-Teki! Usai Paloh Umumkan Anies Jadi Capres 2024, Ini Prediksi Hensat Soal Sikap Jokowi

Beno
×

Teka-Teki! Usai Paloh Umumkan Anies Jadi Capres 2024, Ini Prediksi Hensat Soal Sikap Jokowi

Sebarkan artikel ini
Hendri Satrio atau Hensat/Net

JurnalPatroliNews – Jakarta – Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, telah mengumumkan bakal mengusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Pengumuman itu dinilai bisa mempengaruhi sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap para menteri dari NasDem lantaran Anies dicitrakan sebagai sosok yang berseberangan dengan Istana.

Penilaian itu disampaikan founder lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrio atau Hensat. Menurut Hensat, Paloh mengambil langkah yang berani dengan mendukung Anies.

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

“Ini langkah berani NasDem sebagai partai koalisi pemerintah kemudian mengusulkan calon presiden lebih dahulu bahkan mendahului partai-partai oposisi, karena yang diusulkan NasDem ini kan dicitrakan sosok yang merupakan tokoh yang berada di seberang Istana,” kata Hensat kepada wartawan, Senin (3/10/2022).

Hensat menuturkan setelah Anies mendapatkan ‘setengah tiket capres’ ini, peta politik bakal berubah. Dia memprediksi kemungkinan besar menteri-menteri NasDem bakal mengundurkan diri dari kabinet atau malah Jokowi melakukan reshuffle kabinet.

“Setelah ini kita akan merasakan perubahan peta politik yang menurut saya akan lumayan bergerak. Saya memprediksi setelah ini kemungkinan besar menteri-menteri NasDem akan mengundurkan diri dari kabinet atau kemudian mungkin Pak Jokowi juga akan melakukan perombakan kabinet,” ujarnya.

Selain itu, dia menilai langkah NasDem ini akan mendorong parpol lainnya untuk segera mendeklarasikan calon presiden usungan menjelang Pilpres 2024.

Penulis: lk/*Editor: Beno