Terungkap! Ini Asal Mula 2 Kasus Baru Covid Omicron Ada di RI

JurnalPatroliNews –  Jakarta,- Kasus Covid – 19 varian Omicron di Indonesia bertambah menjadi tiga orang pada Sabtu (18/12/2021). Penambahan ini merupakan hasil pemeriksaan sampel dari lima kasus probable omicron yang baru kembali dari luar negeri.

Juru Bicara Vaksinasi Covid – 19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi menyatakan keduanya tertular varian Omicron setelah menjalani karantina selama 10 hari di Wisma Atlet, setelah kembali dari luar negeri.

“Hal ini menunjukan bahwa sistem proteksi pemerintah berjalan baik untuk mencegah penularan dari pendatang dari luar negeri yang terjangkit virus Covid – 19,” jelasnya dalam siaran pers.

Tambahan dua orang itu adalah WNI yang baru kembali dari luar negeri. Yakni inisial IKWJ 42 tahun laki laki yang baru kembali dari Amerika Selatan, dan M 50 tahun yang baru kembali dari Inggris. Saat ini keduanya juga sedang menjalani karantina di wisma atlet.

Sebelumnya, pasien pertama Omicron pertama kali di konfirmasi pada Kamis (16/12/2021) lalu. Dia berinisial N seorang pekerja pembersih di Wisma Atlet Kemayoran.

Temuan ini merupakan hasil pemeriksaan khusus SGTF yang dilakukan oleh Badan Litbang Kesehatan pada tanggal 14 dan 15 Desember lalu.

Nadia mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terlebih dahulu mengingat laju penyebaran omicron sangat cepat.

Terlebih, pemerintah memprediksi arus balik warga negara Indonesia yang saat ini sudah berada di luar negeri atau yang akan berpergian ke luar negeri akan mencapai puncaknya pada minggu pertama dan kedua Januari seiring dengan berakhirnya liburan Natal dan Tahun Baru.

“Indonesia adalah salah satu negara paling aman dari Covid-19. Jika kita keluar negeri, maka kita akan keluar dari zona aman menuju zona berbahaya. Jika kembali, nanti akan berpotensi membawa Omicron ke Indonesia dan pastinya akan merusak situasi yang sudah kondusif ini,” terang dia.

 (* – TiR).-

Komentar