Tingkatkan Layanan Masyarakat, Menteri Hadi Tjahjanto Minta: Kantor BPN Buka Sabtu dan Minggu

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto mengimbau masyarakat mengurus sendiri permohonannya terkait pertanahan tanpa harus menggunakan jasa calo atau perantara. Hal ini untuk bisa memberantas mafia tanah.

Untuk meningkatkan layanan terhadap masyarakat, Hadi pun telah meminta Kantor BPN agar buka juga selama Sabtu dan Minggu. Hal ini dikatakan Hadi ketika berkunjung Kantor Pertanahan Kota Surabaya II, pada Jumat (01/07).

“Sudah memberikan arahan kepada Kepala Kantah untuk menyediakan loket prioritas bagi masyarakat yang mengurus sendiri permohonannya serta membuka layanan pada hari Sabtu dan Minggu,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/7/2022).

Dengan demikian diharapkan masyarakat yang memiliki kebutuhan dalam mengurus berkas pertanahan dan terkendala oleh pekerjaan, bisa mengurus sendiri permohonannya pada akhir pekan.

Dalam kesempatan itu, Hadi juga meninjau inovasi layanan pertanahan yang dinamakan Loket Lantum (Layanan Tujuh Menit).

 Ia juga mengapresiasi layanan tersebut lantaran proses pelayanan yang cepat serta membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu untuk datang sendiri ke Kantor Pertanahan (Kantah).

Lebih lanjut, Hadi turut menginstruksikan kepada jajaran di Kantor Pertanahan se-Indonesia agar mempercepat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Hal ini terus ia tekankan, mengingat PTSL menjadi Program Prioritas Nasional (PSN) yang dapat mewujudkan seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar dan terpetakan.

Komentar