Tuai Kecaman, BPIP Minta Maaf dan Ganti Tema Lomba Karya Tulis ‘Hormat Bendera’

JurnalPatroliNews Jakarta – Setelah menuai kritik dan kecaman dari sejumlah pihak, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memutuskan mengganti tema lomba menulis artikel dalam rangka Hari Santri.

Tema penulisan sebelumnya adalah ‘Hormat Bendera Menurut Hukum Islam’ dan ‘Menyanyikan Lagu Kebangsaan Menurut Hukum Islam’.

BPIP akhirnya mengganti tema lomba karya tulis tersebut dengan tema pertama: ‘Pandangan Agama Dalam Menguatkan Wawasan Kebangsaan’. Lalu tema kedua: Peran Masyarakat Dalam Penanggulangan Pandemi COVID-19 Menuju Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh.

“Tema Lomba sebagaimana dimaksud dalam angka 1 dan angka 2 merupakan perubahan dan/atau pengganti dari tema sebelumnya,” jelas BPIP di akun Instagramnya, dikutip Senin (16/8).

Meski ramai dikritik, BPIP mengaku senang karena itu tandanya masyarakat memberikan perhatian besar kepada BPIP. Hingga sebelum tema diganti, sudah ada 300 orang yang mendaftar di lomba karya tulis tersebut.

“Kami sampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh masyarakat sekaligus permohonan maaf, apabila kegiatan yang kami laksanakan kurang sesuai yang diharapkan,” kata BPIP.

Sebelumnya, dua tema penulisan karya ilmiah itu mengundang kecaman pedas dari sejumlah tokoh dan dinilai membenturkan Islam dengan Pancasila.

Komentar