Usai Disengat Lebah Vespa, Lansia di Subang Tutup Usia

JurnalPatroliNews – Jakarta – Seorang lansia bernama Sarsih (85), warga Kampung Maranggi RT 006/002, Desa Kosambi, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang tewas usai disengat ribuan tawon jenis Vespa affinis, Senin (13/3/2023).

Informasi yang diperoleh detikJabar, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Menurut salah satu staf Bidang Pemadaman dan Penyelamatan Satpoldam Subang, Aep Saepudin, saat itu korban hendak melakukan bersih-bersih di halaman rumah.

“Berawal dari kegiatan korban yang tengah bersih-bersih halaman rumah, korban tidak mengetahui di pembatas lahan korban tersebut ada sarang tawon berukuran besar,” ujar Aep

Tak diketahui pasti apa yang terjadi hingga akhirnya Sarsih terkapar. Yang jelas, sala seorang tetangga melihat korban sudah tergeletak tak sadarkan diri dan sedang dikerumuni ribuan tawon. Sarang tawon itu diketahui ada di salah satu pohon dekat rumah korban.

“Tidak diketahui secara rinci bagaimana persis kejadiannya, namun salah satu tetangga melihat korban dengan kondisi tergeletak pingsan serta sedang dikerumuni oleh ribuan tawon,” jelasnya.

Mengetahui korban sudah tak sadarkan diri, petugas serta warga langsung membawa korban ke RSUD Subang. Namun nyawa korban tak tertolong dan meninggal di RSUD. Sementara untuk sarang tawon, petugas melakukan evakuasi dengan cara dibakar.

“Lalu korban langsung dilarikan ke RSUD Subang untuk mendapatkan penindakan lanjutan, setelah mendapat penindakan, akhirnya korban tak dapat bertahan dan korban langsung meninggal dunia. Sarang yang menempel di pohon langsung dibakar,” ungkap Aep.

Komentar