Usai Disetujui Seluruh Fraksi, Aktivis HAM Sebut: KUHP Baru Bermasalah Banyak Pasal Multitafsir

JurnalPatroliNews – Jakarta – DPR baru saja mengesahkan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) menjadi KUHP baru usai disetujui seluruh fraksi di DPR. Aktivis HAM Asfinawati menyebut KUHP baru tersebut sebetulnya bermasalah karena mengandung pasal yang multitafsir.

“Sebetulnya masalah dalam KUHP adalah banyak pasal-pasal yang multitafsir,” ujar Asfinawati di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (7/12/2022).

Dia memberikan contoh sejumlah pasal yang dinilai multitafsir. Di antaranya kritik terhadap presiden serta pemberitaan yang berlebihan dan tidak lengkap.

“Kemudian, pemerintah dan DPR menyebutkan kan menimbulkan kerusuhan, tapi kan kita tahu itu ditafsirkan sangat longgar,” ucap dia.

Dia juga mengatakan terkait pasal yang mengkritik dan menghina lembaga negara sangat multitafsir. Asfina menilai hal ini sangat membingungkan.

“Karena kita berdebat, yang konstruktif apa? Biasa mereka bilang harus ada sarannya dong. Loh yang digaji siapa kok kita disuruh kasih saran, bukannya ada mereka tuh yang dengan segenap kementerian dan lembaga yang bikin riset, kenapa masyarakat diharuskan untuk memberikan saran?” jelasnya.

Asfinawati mengambil contoh soal keluarga korban pelanggaran HAM berat oleh negara yang hingga sekarang tak kunjung mendapatkan keadilan. Puluhan tahun mereka menanggung duka tak terperi atas kekejaman negara yang merenggut buah hati mereka.

“Kalau dia marah karena negara atau negara tidak mengungkap kebenaran siapa pelaku sebenarnya yang bukan cuma aktor lapangan, kemudian dia mengeluarkan kata-kata kasar karena marah itu, masa dia dipenjara?” tutur Asfinawati.

Komentar