Buruan Pesan ! Hotel dan Homestay, Sandiaga Ajak Wisatawan: Tonton Lomba Selancar di Pantai Plengkung

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak wisatawan menonton ajang selancar internasional World Surf League Championship Tour (WSL CT) 2022 yang bakal digelar di Pantai Plengkung atau G-Land, Banyuwangi, Jawa Timur, untuk membangkitkan sektor pariwisata.

Hal ini disampaikan sama dirinya bertemu dengan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

“Kita akan all out mendukung WSL CT di G-Land ini, karena ini akan menggerakkan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Banyuwangi sebagai kabupaten dengan tingkat kemiskinan yang paling rendah di Indonesia,” ungkap dia di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, lewat keterangan resmi, Jumat.

Mengenai akomodasi, pemerintah daerah Banyuwangi disebut telah menyiapkan tiga hunian yang berada di sekitar lokasi atau di dalam Taman Nasional Alas Purwo, yakni Jaya’s Camp, Bobby’s Surf Camp, dan Jiwa Jawa.

Ia menghimbau para wisatawan yang hendak menyaksikan ajang tersebut untuk memesan hotel penginapan sedari dini. Selain itu, telah disediakan pula sejumlah homestay di sekitar G-Land, yaitu Desa Tegaldimo yang berjarak sekitar 20 menit dari lokasi acara.

Lebih lanjut, Sandiaga menyampaikan bahwa WSL sudah masuk ke dalam Calender of Event Internasional yang dirilis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Karena itu, pihaknya mengaku siap mendukung penuh kesuksesan ajang selancar internasional tersebut yang bakal digelar dari 27 Mei-6 Juni 2022.

“Ini event kelas dunia, kalau kita bicara desain besar olahraga nasional, olahraga selancar atau surfing mestinya masuk ke dalamnya. Lantaran sudah masuk olimpiade, dan kita punya ombak terbaik di dunia. Dengan karakteristik G-Land memiliki ombak kiri terbaik di dunia dengan panjang gelombang bisa mencapai 2 kilometer,” ujarnya.

Kata Sandiaga, WSL merupakan liga selancar paling bergengsi di dunia dengan social engagement tertinggi ketiga untuk ajang olahraga setelah National Basketball Association (NBA) dan National Football League (NFL/liga football AS), mengalahkan MotoGP yang berada di posisi sembilan.

Nantinya, ajang ini akan menghadirkan 24 peserta pria dan 12 peserta wanita. Salah satunya ialah Gabriel Medina yang merupakan peselancar asal Brazil peraih tiga gelar juara dunia.

Peselancar nasional asal Indonesia Rio Waida juga diharapkan bisa tampil dalam turnamen tersebut.

Komentar