Duka Stadion Kanjuruhan: PSSI Buleleng Gelar Doa Bersama

JurnalPatroliNews – Singaraja,– Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Askab PSSI) Buleleng, Bali, menggelar acara doa bersama. Acara itu diselenggarakan untuk mendoakan korban dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, usai pertandingan sepakbola antara Arema FC Malang kontra Persebaya Surabaya.

Aksi doa bersama itu dilangsungkan pada Selasa (4/10/2022) malam. Acara itu dihadiri sejumlah klub sepakbola seperti Persibu Buleleng, Persada Sukasada, Putra Devata Pakisan, Komodo Reborn Futsal Club, Fortuna FC Sulanyah, perwakilan suporter Brigaz Bali Korlap Sulanyah, Polres Buleleng, serta perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Buleleng.

Kegiatan doa bersama itu diawali dengan pembacaan puisi oleh sastrawan Made Adnyana Ole. Setelah itu dilanjutkan dengan menyalakan lilin sebagai bentuk duka cita dalam insiden tersebut.

Ketua Umum Askab PSSI Buleleng Gede Suyasa menyatakan rasa prihatin dan duka yang mendalam terhadap insiden tersebut. Menurutnya olahraga sepakbola seharusnya menjadi olahraga yang menghibur serta mampu meningkatkan spirit sportivitas. Baik di kalangan pemain maupun supporter.

Namun pertandingan yang berlangsung di Malang justru memicu tragedi yang menelan korban hingga 131 orang. Itu juga pertama kalinya terjadi insiden yang menelan korban hingga ratusan jiwa.

“Kami berharap kejadian ini tidak terulang kembali. Semua pihak perlu menyadari bahwa dalam pertandingan olahraga, selalu ada pihak yang menang atau kalah. Perlu disadari juga, pihak yang kalah harus meningkatkan kemampuan, sedangkan yang menang jangan jumawa,” katanya.

Terkait acara doa bersama ini, Suyasa menyatakan, “”Oleh karena itu kita di daerah melakukan doa bersama sebagai bentuk rasa kebersamaan sebagai sebuah warga bangsa.”

Sementara itu Ketua Umum KONI Buleleng Ketut Wiratmaja mengungkapkan insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan merupakan sebuah tragedi kemanusiaan. Ironisnya insiden itu terjadi saat prestasi tim sepakbola Indonesia tengah menanjak di kancah internasional.

Komentar