Bulan Purnama yang Terjadi Pada Bulan Februari Disebut Snow Moon, Kok Bisa?

JurnalPatroliNews – Bulan purnama (Full Moon) yang terjadi pada bulan Februari disebut Snow Moon, kok bisa? Yuk cari tahu tentang Snow Moon, fenomena bulan purnama yang terjadi pada Februari 2022.

Tahukah Anda? Fenomena bulan purnama ternyata memiliki sebutan yang berbeda-beda. Termasuk sebutan untuk bulan purnama yang terjadi pada bulan Februari 2022 ini.

Dikutip dari ScienceTimes, Snow Moon akan terjadi pada tanggal 16 Februari 2022 atau hari Rabu besok. Menurut ScienceTimes, bulan purnama yang satu ini dapat disaksikan saat siang hari di wilayah Amerika Serikat.

Namun demikian, fenomena bulan purnama pada bulan Februari 2022 ini punya sebutan yang cukup menarik. Ya, bulan purnama pada Februari kerap kali disebut sebagai Snow Moon.

Mengapa bulan purnama pada bulan Februari disebut sebagai Snow Moon?

Masih mengutip dari sumber yang sama, karena pendinginan kumulatif dan sudut Matahari yang rendah, bulan Februari biasanya paling bersaju di belahan Bumi Utara. Salju akan turun di sebagian besar tempat di kedua sisi Atlantik.

Oleh karena itu banyak yang beranggapan bahwa dari situlah istilah Snow Moon berasal.

Kendati demikian, beberapa suku di wilayah Amerika Utara menyebut Snow Moon ini dengan istilah yang berbeda, yakni Storm Moon atau Hunger Moon. Ini mengacu pada kurangnya makanan dan kesulitan berburu dalam keadaan cuaca yang begitu dingin diselimuti es.

Menurut Dr Darren Baskil, seorang dosen fisika dan astronomi Universitas Sussex, dikutip dari ScienceTimes dari BBC Science Focus mengungkapkan bahwa kedua nama tradisional untuk bulan purnama Februari masuk akal. Hal tersebut karena mempertimbangkan iklim yang terjadi pada bulan Januari dan Februari.

Pada bulan Januari dan Februari menjadi bulan terdingin, hujan salju lebih mungkin terjadi, dan sumber makanan alami langka.

Di wilayah Eropa, bulan purnama pada Februari juga memiliki sebutan lain, yakni Wolf Moon atau Candles Moon.

Bagaimana cara melihat Snow Moon atau Bulan Salju ini?

NASA mengungkapkan bahwa bulan purnama Snow Moon akan muncul pada Rabu, 16 Februari 2022 pukul 11:57 waktu timur. Dengan demikian, waktu yang paling tepat untuk melihat bulan purnama adalah saat terbit di ufuk timur, waktu senja.

Bila cuaca sedang bagus, bulan purnama ini akan terlihat sepanjang malam di langit.

Komentar